Rabu, 10 September 2014

HERODOTUS (BAPAK SEJARAH)




Peneliti dan pendongeng Yunani HERODOTUS dari Halicarnassus (484 – 425 SM) adalah sejarahwan pertama di dunia, sehingga dijuluki sebagai “bapak ilmu sejarah”. Ketika ia hendak pergi ke Persia untuk mengumpulkan data geografi bagi penelitiannya, terjadi perang Persia – Yunani, dia pun mengumpulkan informasi mengenai perang tersebut dan menyusunnya menjadi sebuah buku yang berjudul THE HISTORIES.
Selain menceritakan perluasan kemaharajaan Achaemenid Persia hingga ke Yunani yang membawa bencana, buku tersebut juga berisi lukisan etnografi yang luar biasa mengenai bangsa – bangsa yang telah di taklukkan Persia, kisah – kisah donggeng, gosip, legenda dan moralitas kemanusiaan.
Meskipun kadang kala Herodotus kurang akurat, namun secara umum ia sangat hati – hati untuk memilah – milah laporannya secara logis dan masuk akal. Karyanya ini membuka cakrawala baru mengenai cara menuliskan masa lampau manusia.
Pada masa sebelumnya, penulisan masa lampau manusia dalam arti sejarah, didominasi oleh pemikiran yang mistis dan primordial. Setiap konflik selalu dianggap sebagai kejadian yang sudah diatur oleh para dewa dan bukan karena ulah manusia. Hasil karya Herodotus kemudian menjadi dasar bagi tradisi historiografi  Yunani dan Romawi pada masa berikutnya, sekaligus menjadi alasan mengapa dia dianggap sebagai bapak sejarah.

(dikutip buku Indonesia Dalam Perkembangan Zaman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar